Pada era sekarang dunia bisnis semakin berkembang. Bukan hanya berasal dari generasi milenial saja, namun sudah banyak ditemukan usaha bisnis yang diinisiasi oleh kalangan generasi Z. Rasa ingin mengetahui dan mencoba lebih banyak hal baru, semangat dalam diri untuk terus berkembang, mendapat dukungan dari teman, dan adanya peluang besar merupakan beberapa contoh faktor penggerak generasi Z dalam berbisnis. Bermodal awal dengan tekad, keyakinan, serta skill yang mereka miliki mampu membawa perwajahan baru dalam dunia bisnis. Dengan begitu tentu saja menjadi kabar baik dunia bisnis karena semakin terisi oleh ide bisnis yang segar yang dibawakan generasi Z. Klik Disini.
Melihat pada data dari Badan
Pusat Statistik, wirausaha muda di Indonesia pada tahun 2022 mengalami
peningkatan sebesar 1,02% dari tahun sebelumnya yakni lebih tepatnya pada tahun
2021 tercatat terdapat sebanyak 18,46% wirausaha muda di Indonesia dan meningkat
menjadi 19,48%. Sejalan dengan yang disampaikan oleh Kemenko PMK tahun 2023
yang berpacu pada Survei World Economic Forum 2019 yang menyatakan sebanyak
35,5% pemuda Indonesia berkeinginan menjadi pengusaha. Sebuah hal luar biasa
tentunya, peran generasi Z yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan Indonesia
sudah terlihat. Namun tidak berhenti sampai pada sebuah harapan saja, kegigihan
dan konsistensi dalam pengembangan inovasi serta riset kebutuhan konsumen juga
tidak kalah penting supaya bisnis wirausaha muda dapat terjun bersaing di
pasar.
Mahakopi, salah satu bisnis
generasi Z dengan produk yang ditawarkan berupa minuman kopi berkualitas dengan
tiga varian rasa. Bisnis ini berjalan sebagai jawaban atas keresahan anak muda
yang menginginkan menikmati kopi seperti di cafe dengan harga yang lebih ramah
kantong. Bahan baku produk yang digunakan juga tidak kalah dengan kopi yang
dijual pada coffee shop. Melalui sebuah inovasi yang selalu hadir pada
strategi marketing, produk, dan dari aspek lainnya menunjukkan bahwa Mahakopi
memiliki komitmen dalam menjawab kebutuhan pasar. Mahakopi juga beberapa kali
mengikuti event entrepreneurship dan mengisi stand pada bazar serta
sudah berhasil membangun branding produk dengan baik, berciri khas, dan
menarik. Hal ini membawa Mahakopi sebagai pendorong inspirasi generasi Z untuk
tidak takut memulai usahanya sendiri. Mereka mampu menunjukkan dengan memadukan
tetap menjaga kualitas produk, penetapan harga yang murah, pelayanan yang
ramah, dan ide marketing yang kreatif akan membawa bisnis ke arah yang lebih
baik lagi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar